1.
Pengertian
Teknologi Informasi
Untuk mengetahui pengertian teknologi
informasi terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan
informasi itu sendiri. Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat,
mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan
dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya
Pengertian
teknologi informasi menurut beberapa ahli :
Ø Teknologi
Informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi
dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag
& Keen, 1996)
Ø Teknologi
Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware)
yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga
mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)
Ø Teknologi
Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan
mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Ø Teknologi
Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur
komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William
& Sawyer, 2003)
Dari Pengertian di atas dapat disimpulkan
bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi apa pun yang membantu
manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan
informasi dengan menyatukan komputasi
dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video.
Secara implisit dan eksplisit Teknologi
Informasi (TI) tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi mencakup juga teknologi komunikasi.Dengan
kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi
Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.
Penjelasan atas dua teknologi yang
mendasari teknologi informasi adalah sebagai berikut.
a. Teknologi
Komputer
Teknologi komputer dalah teknologi yang
berhubungan dengan komputer, termasuk
peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer,
pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. komputer adalah mesin serba guna yang
dapat dicontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer
sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar,
sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi
bahan yang berguna untuk mengambil keputusan. Data komputer sebagai pemroses
informasi program.
b. Teknologi
Komunikasi
Teknologi telekomunikasi atau biasa juga
disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan
komunikasi jarak jauh. Termasuk dalam kategori ini adalah telepon, radio, dan
televisi.
2.
Fungsi
Teknologi Informasi
Setelah paham dengan pengertian
teknologi informasi, selanjutnya kita juga harus tahu fungsi dari teknologi
informasi tersebut. Menurut buku Pengenalan Teknologi Informasi dan Komputer,
fungsi teknologi informasi ada 5 yaitu fungsi capture, processing, generation,
storage dan retrieval, dan transmit. Berikut ini adalah deskripsi dari
masing-masing fungsi tersebut.
Ø Fungsi
Capture
Teknologi
informasi berfungsi dalam proses penyusunan record yang terperinci. Salah satu
implementasi dari fungsi capture ini dapat kita lihat pada tampilan Facebook.
Pada timeline kita, hampir seluruh aktivitas kita di Facebook terekam dengan
rapi dan terperinci.
Ø Fungsi
Processing
Teknologi
informasi memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan baik itu mengubah,
menganalisis, menghitung, maupun mengumpulkan semua data yang ada.
Ø Fungsi Generation
Teknologi
informasi juga berfungsi untuk melakukan generate suatu data. Sebagai contoh,
data yang awalnya berbentuk deretan angka dapat di generate menjadi tabel atau
grafik yang mudah diambil kesimpulan.
Ø Fungsi
Storage dan Retrieval
Fungsi
storage dan retrieval ini erat kaitannya dengan perkembangan teknologi komputer
saat ini. Sebagai contoh, kita dapat menyimpan suatu file di dalam harddisk dan
kemudian file itu dapat dicopy atau diambil kembali di komputer yang lain.
Ø Fungsi
Transmission
Fungsi
transmisi berarti teknologi informasi dapat mengirimkan informasi melalui
jaringan komunikasi yang ada. Contohnya adalah internet, dengan internet ini
kita dapat berkirim email, chat, pesan video, dan masih banyak lagi.
3.
Manfaat
TIK Dalam Pembelajaran
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di
Indonesia telahmemiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatifmenyelenggarakan
siaran radio pendidikan dan televisipendidikan sebagai upaya melakukan
penyebaran informasi kesatuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh
nusantara,merupakan wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkanpendayagunaan
teknologi dalam membantu prosespembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran
radiomaupun televisi pendidikan adalah tidak adanya interaksi imbal-
balik yang seketika. Siaran bersifat
searah, dari nara sumberbelajar atau fasilitator kepada pembelajar.Introduksi
komputer dengan kemampuannya mengolah danmenyajikan tayangan multimedia (teks,
grafis, gambar, suara,dan movie) memberikan peluang baru untuk
mengatasikelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bilatelevisi
hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih-lebih bila materi tayangannya
adalah materi hasil rekaman),pembelajaran berbasis teknologi internet
memberikan peluangberinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun
asinkron(delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkanterjadinya
pembelajaran secara sinkron dengan keunggulanutama bahwa pembelajar maupun
fasilitator tidak harus beradadi satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video
conference yang dijalankan berdasar teknologi Internet,memungkinkan pembelajar
berada di mana saja sepanjangterhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi
puncak sepertiitu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebihmurah
juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIKsaat ini
Kehadiran TIK dalam pendidikan bisa
dimaknai dalam tiga paradigma, yaitu :
Ø TIK
sebagai alat atau berupa produk teknologi yang bisa digunakan dalam pendidikan,
Ø TIK
sebagai konten atau sebagai bagian dari materi yang bisa dijadikan isi dalam
pendidikan,
Ø TIK
sebagai program aplikasi atau alat bantu untuk manajemen pendidikan yang
efektif dan efisien. Ketiga paradigma tersebut disinergikan dalam sebuah
kerangka sumberdaya TIK yang secara khusus diposisikan dan diarahkan untuk
mencapai visi dan misi pendidikan di Indonesia. Di era globalisasi pendidikan,
disadari ataupun tidak, tantangan dunia pendidikan ke depan akan lebih berat.
Oleh karena itu, optimalisasi TIK menjadi salah satu alternatif solusi dalam
menopang dan menggerakkan dunia pendidikan di kancah persaingan global. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, ada
beberapa alasan problematik yang melatarbelakangi pentingnya pemanfaatan TIK,
terutama dalam (1) meningkatkan mutu pendidikan di semua jenjang, (2)
mengatasi kesenjangan layanan pendidikan akibat kondisi geografis yang mana
jika diabaikan akan menimbulkan disparitas mutu layanan, dan (3) perubahan
sosio-budaya masyarakat yang bergerak dinamis, dan (4) memupuk rasa
nasionalisme untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.
Bagi
lembaga pendidikan seperti Depdiknas, sekolah negeri, sekolah swasta,
universitas, dan lembaga-lembaga lain yang berkaitan dengan pendidikan, manfaat
penggunaan internet banyak, antara lain:
a. Memperkenalkan
kepada orang-orang tentang lembaga dengan membuatkan web lembaganya di internet.
b. Untuk
melakukan penerimaan pegawai baru, siswa baru, dan mahasiswa baru lembaga dapat
melakukan dengan sistem online di internet, sehingga lebih efisien waktu dan
biaya.
c. Untuk
beberapa lembaga perguruan tinggi internet dimanfaatkan untuk legalisasi
online.
d. Antara
lembaga satu dengan lembaga lain pasti membutuhkan kerja sama maupun pembandingan,
dengan internet hal-hal semacam itu dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
4.
Pengelompokan
Teknologi Informasi
Teknologi informasi terdiri dari teknologi
komputer dan teknologi komunikasi. Teknologi komputer adalah teknologi yang
berhubungan dengan komputer termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan
dengan komputer seperti printer dan juga CD Room. Teknologi telekomunikasi atau
biasa disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan
komunikasi jarak jauh. Contoh:Televisi, telepon dan radio. Teknologi informasi
memiliki beberapa kelompok yang mempunyai peranan masing-masing. Teknologi
informasi dikelompokan menjadi 6 kelompok yaitu:
a. Teknologi
Masukan (input technology)
Teknologi masukan atau input technology
adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data kedalam
sistem komputer. Contoh: Mouse, keybord, dan scenner.
Ø Mouse
berfungi untuk mengatur posisi pada layar komputer.
Ø Keybord
merupakan peralatan masukan langsung terdiri dari tombol-tombol huruf dan
tombol-tombol fungsi. Bentuk keybord ada yang standard dan extended.
Perbedaannya keybord standar mempunayi 88 tombo, sedangkan extended lebih
banyak.
Ø Scanner
adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di
scan.
b. Teknologi
Keluaran (output technology)
Teknologi keluaran atau output
technology adalah yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk
menyajikan atau mengeluarkan informasi yang telah diproses menjadi bentuk yang
siap di gunakan oleh pengguna. Keluaran bisa berupa suara, cetakan atau
tampilan melalui monitor. Alat output ada bermacam-macam jenisnya bergantung
pada jenis output yang di hasilkan oleh komputer. Misalnya, printer digunakan
untuk mencetak hasil output di atas kertas, sedangkan speaker digunakan untuk
mengeluarkan suara.
c. Teknologi
Penyimpanan
Teknologi penyimpanan adalah yang
berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil
pemrosesan kerja CPU. Perangkat Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori
internal dan memori eksternal.
Ø Memori
Internal
Memori internal berfungsi sebagai
pengingat sementara baik bagi data, program maupun informasi ketika proses
pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Memori Internal merupakan memori yang ada
dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya
bisa dibaca. dan RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui.
Ø Memori
External
Memori external adalah media yang
berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Permarnen berarti bahwa data
yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun
komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Contohnya
harddisk, disket dan flashdisk.
1. Harddisk
Harddisk
merupakan bagian yang berfungsi menyimpan data di komputer. Data yang disimpan
adalah data sistem operasi maupun data aplikasi. Hardisk memiliki beberapa
jenis seperti: IDE, SATA, dan SCSI.
2. Disket
Disket
merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative
kecil. Kemampuan menyimpan dari disket sekitar 1,44 MB.
3. Flashdisk
Flashdisk
merupakan sebuah alat untuk menyimpan
data eksternal atau sebagai sarana transfer data antara data yang masih
tersimpan pada HDD laptop kita dengan PC kita atau sebaliknya, yang mengunakan
penghubung USB. Kemampuannnya menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB,
hingga 1GB, 2 GB, 4 GB, dan 8 GB.
4. Teknologi
mesin pemroses (processing machine)
Adalah
bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara
menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut. Lebih dikenal dengan
sebutan CPU, mikroprosesor atau prosesor.
5. Teknologi
perangkat lunak (software)
Adalah
deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer
dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya. Perangkat Lunak
merupakan kumpulan dari intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer.
Perangkat lunak terdiri dari
a. Sistem
operasi
Perangkat lunak sistem operasi bisa
dikatakan sebagai perangkat lunak yang sangat vital, sistem operasi merupakan
perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat
komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah
sistem operasi buatan Microsoft Corp seperti Windows 95, windows 98SE, Windows
2000 professional, Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya
seperti Machintosh system 7, Lindows, dan Linux.
b. Sistem
Aplikasi
Sistem Aplikasi merupakan perangkat
lunak penunjang untuk tujuan tertentu.
Sistem aplikasi berupa Microsoft Office, Word perfect Corel draw, adobe
photoshop, dan lain-lain.
c. Utility
Perangkat lunak Utility adalah perangkat
lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat
sistem operasi.
6. Teknologi
komunikasi
Adalah
teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contohnya: Telephone,
Radio, dan Televisi.
5.
Komponen
Sistem Tekhnologi Informasi
Sistem
Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan
teknologi informasi.Komponen utamasistem teknologi informasi yaitu:
1. Perangkat keras(
hardware)
2. Perangkat Lunak
(Software)
3. Orang (brainware)
6.
Klasifikasi
Teknologi Informasi
1. Menurut
Fungsi Sistem
Ø Sistem
teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi
informasi yang melekat pada produk lain.
Ø Sistem
teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi
informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM
Ø Sistem
teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system
teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas
yang bersifat umum. Contoh: PC
2. MenurutUkuran
Ø Super computer
Super computer adalah
jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat. Bisa digunakan
untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalkan
untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis komputer super yang
terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM ASCI White (buatan
IBM / International Business Machine).
Ø Mainframe
Mainframe/ bisa juga
disebut komputer besar, merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan
skala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume sangat besar.
Perusahaan komputer yang menjadi pemain utama pada kelas komputer ini adalah
IBM, Fujitsu, dan Unisys.
Ø Workstation
Komputer Workstation
(Terminal kerja) merupakan mesin yang powerfull. Artinya di komputer ini segala
pekerjaan diselesaikan. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk
menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit. Komputer-komputer ini
menggunakan UNIX atau beberapa operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor
RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
Ø Mikrokomputer
Komputer mikro adalah
komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya single user atau stand
alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi dengan peripheral card
untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya berupa desktop, yaitu
komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja atau belajar. Dengan
perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi semakin kecil dan portabel
seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan PC desktop. Oleh sebagian
orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki arti yang sama. Bahkan
saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data Asistant (PDA) atau PC saku
(pocket PC) yang kemampuannya hampir sama dengan notebook.
Ø Microcontroller
Mikrokontroler atau
sering disebut sebagai embedded computer merupakan mikroprosesor khusus yang
berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, seperti
mobil dan lift. Mikroprosesor ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan
yang terkenal nenproduksi adalah Motorola dan Texas Instrument.
7.
Perangkat
Keras Teknologi Informasi
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware
dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang
juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang
dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan
berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Hardware sendiri
berfungsi dengan baik dikarenakan adanya software sebagai sistem yang
menjalankanya.
Secara
fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem.
Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan.
Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak
berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
a. input
divice (unit masukan)
b. Process
device (unit Pemrosesan)
c. Output
device (unit keluaran)
d. Storage
device ( unit penyimpanan)
8.
Peran
Perangkat Lunak Dan Pengelompokannya
a.
Peran
Perangkat Lunak
Komputer
hanyalah sekedar mesin yang tidak dapat melakukan tugas yang dikehendaki
pemakai sekiranya tidak didukung oleh perangkat lunak (software). Komputer
bukanlah teko ajaib yang dimiliki oleh aladin, yang dapat mengeluarkan jin dan
jin tersebut dapat diperintah untuk melakukan apa saja oleh tuannya.
Perangkat
lunak sesungguhnya adalah program. program adalah deretan intruksi yang
digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai
yang dikehendaki pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer
sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai. Program umumnya dibuat oleh
vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perseorangan. Tentu saja,
jika kita menguasai bahasa pemograman, kita juga bisa membuat sendiri program
yang kita kehendaki.
b.
Pengelompokannya
1. Berdasarkan
fungsinya, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan, yaitu perangkat
lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.
Ø Perangkat
lunak aplikasi (application software) adalah program yang biasa dipakai oleh
pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik misalnya untuk membuat
dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
Ø Perangkat
lunak sistem (system software) kadang kala disebut perangkat lunak pendukung atau support sofware adalah program
yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, seperti CPU dan piranti
masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program
aplikasi dan perangkat keras komputer. Contoh perangkat lunak sistem yaitu
sistem operasi (misalnya windows dan linux).
2. Berdasarkan
cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat
digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain-publik,
shareware, freeware, dan rentalware. Pada perkembangan terakhir, terdapat pula
tipe perangkat lunak yang dinamakan free software dan open source.
Tabel
Jenis perangkat lunak
Jenis
|
Keterangan
|
Perangkat lunak komersial
|
Perangkat lunak harus
dibeli. Ada hak cipta
|
Perangkat lunak domain-publik
|
Perangkat lunak
bersifat gratis dan tak ada hak cipta
|
Shareware
|
Bebas digunakan untuk
pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana
kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara
terus-menerus. Seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan
kepada siapa saja
|
Freeware
|
Perangkat lunak yang
dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali
|
Rentalware
|
Perangkat lunak yang
dapat digunakan dengan cara menyewa. Ada hak cipta
|
Free software
|
Perangkat lunak yang
dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas
untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi
memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar
dengan harga yang relatif murah
|
Open soerce
|
Serupa dengan free
software. Hanya berbeda dalam filosofi.
|
Penjelasan lebih lanjut
mngenai masing-masing jenis perangkat lunak di tabel sebagai berikut:
Ø Perangkat
lunak komersial (commersial software) biasa juga disebut proprietary software
adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang
bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan
pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukum karena ada hak cipta
(copyright). Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hukum yang melarang
seseorang menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa Izin pemegangnya.
Perangkat lunak ini juga disertai lisensi yang melarang pembeli menyalin
perangkat lunak untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dijual kembali.
Contoh perangkat lunak komersial adalah Microsoft Office dan Adobe Photoshop.
Ø Rentalware
adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh seseorang atau institusi
dengan cara membayar sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun. Contoh perangkat
lunak rentalware biasanya adalah sejenis software yang penggunaannya hanya
dalam jangka waktu tertentu dan tidak permanen, misalnya dalam menyelesaikan
suatu project. Jadi apabila project yang dikerjakan telah selesai, maka
perangkat lunak tidak lagi digunakan dan masa penyewaan pun habis.
Ø Perangkat
lunak domain-publik adalah perangkat lunak yang tidak disertai dengan hak cipta
dan memungkinkan siapa saja berhak melakukan apa saja kedalam program tersebut,
termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya
sendiri dan mengenakan hak cipta. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa
kode sumber dan banyak dijum Shareware adalah perangkat lunak yang tersedia
tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dilakukan
evaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali dan jika sesudah masa
tersebut berlalu pemakai bermaksud tetap menggunakannya maka ia perlu membayar
ke pembuat perangkat lunak tersebut. Berbeda dengan versi trial, shareware tidak
memiliki batas kadaluarsa. Artinya, pemakai tetap dapat menggunakan perangkat
lunak tersebut walaupun batas uji coba telah berakhir. Tujuan pembuatan
shareware adalah untuk mendapatkan bantuan dana dari pemakai guna mengembangkan
lebih lanjut. pai pada internet.
Ø Freeware
adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh
siapa saja tanpa perlu membayar dan digunakan tanpa batasan waktu. Para
pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk
disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak
mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan
selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang
didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite
browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL
(Free Software). Berbagai alasan pembuatan freeware adalah (1) sebagai penarik
bagi pemakai untuk membeli versi lebih lanjut (dengan fitur yang lebih lengkap)
yang bersifat komersial, (2) pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai
sehingga ia dapat mengembangkannya ke versi yang lebih bagus, (3) pembuat ingin
menyebarkan karyanya supaya ia menjadi terkenal, dan (4) pembuat ingin membantu
pemakai dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu tanpa membeli perangkat
komersial.
Ø Free
software adalah istilah yang dicanangkan oleh Richard Stallman (pendiri Free
Software Foundation) untuk menyatkan perangkat lunak yang dilengkapi dengan
kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan
program tersebut free software jika :
· Pemakai
memiliki kebebsan untuk menjalankan program untuk tujuan apa saja.
· Pemakai
memiliki kebebasan untuk memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena
itu, kode sumber harus tersedia.
· Pemakai
memiliki kebebasan untuk mendistribusikan kembali salinan program baik secara
gratis maupun dengan bayaran.
· Pemakai
memiliki kebebasan untuk mendistrisbusikan versi-versi program yang telah
dimodifikasi sehingga komuitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan
tersebut.
Tujuan
dari Stallman adalah menciptakan kebebasan kepada pemakai dan menghindarkan
pengontrolan program oleh suatu pihak.
Untuk menunjang
kebebasan tersebut, Stallman menggunakan metode yang disebut copyleft terhadap
perangkat lunak GNU yang ia kembangkan. Istilah ini adalah kebalikan dari
istilah copyright. Copyleft juga menggunakan hak cipta yang memberikan hak
kepada pemakai untuk menjalankan program, memodifikasi, hingga mendistribusikan
versi modifikasinya, tetapi melarang menjadikannya sebagai program proprietary.
Ø Open
Source dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimasukan untuk
menghilangkan makna “free” pada “free software” yang ambigu karena dalam bahasa
inggris kata tersebut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni free dalam arti
gratis ataupun free dalam arti kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa
seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu
perangkat lunak tentu perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menjadi
ketingkat kesempurnaan.
Hak-hak yang disediakan
dalam open source :
a. Hak
untuk membuat selain program dan mendistribusikan salinan tersebut.
b. Hak
untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan pemodifikasian.
c. Hak
untuk melakukan pengembangan terhadap program.
9.
Jenis
Perangkat Lunak Teknologi Informasi
Secara
tak sadar, ketika kita menggunakan komputer, sebenarnya kita telah menggunakan
software. Apakah sebenarnya software itu? Software atau perangkat lunak adalah
semua program yang digunakan untuk menjalankan komputer atau perangkat lainnya.
Secara umum, ada dua jenis software. Pertama adalah software aplikasi. Software
aplikasi adalah software yang dibuat untuk tujuan atau kepentingan spesifik,
contohnya Notepad untuk teks editor, Winamp untuk memutar file audio, dan
sebagainya. Kedua adalah software sistem. Software sistem adalah software yang
menjadi tempat semua software aplikasi berjalan . Contohnya adalah Microsoft
Windows, Linux, Mac OS, dan sebagainya.
Menurut cara memperolehnya (baca : harga
beli dan legalitas), software dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jenis
pertama adalah freeware. Software yang bersifat freeware dapat digunakan tanpa
biaya, namun masih memiliki batasan atas hak cipta pengguna. Maksudnya,
meskipun kita menggunakan freeware tersebut kita tidak boleh melanggar hak
cipta atas software tersebut, misalnya penggandaan untuk orang lain atau
menggunakan software tersebut untuk kepentingan lain. Biasanya freeware didistribusikan
tanpa disertai dengan kode program yang bersangkutan. Lalu jika kita tidak
perlu membayar, apa tujuan si pembuat freeware? Tujuan yang jelas adalah untuk
promosi. Baik itu promosi diri sendiri (untuk programmer perorangan) ataupun
promosi produk (untuk developer kelas kakap). Tujuan lain yang mungkin adalah
untuk mendapatkan masukan dari pengguna dan ada pula (walaupun jarang ditemui)
yang bertujuan untuk membobol sistem seseorang. Beberapa contoh freeware adalah
Paint.net, Rocket Dock, Ccleaner, dan masih banyak lagi.
Jenis yang kedua adalah shareware.
Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu
tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan,
apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi
membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada
shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli
softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan
pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software
tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini
misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.
Ketiga, propietary software. Intinya,
propietary software itu hampir sama dengan barang yang bisa kita beli di pasar.
Jika kita ingin menggunakannya, kita harus membelinya. Propietary software
sangat dibatasi oleh hak cipta. Kita tidak diperkenankan mendistribusikan
kembali, mengotak-atik program, dan software ini tidak disertai dengan kode
sumber.
Jenis keempat yang mulai populer adalah
open source software. Berbeda dengan jenis software sebelumnya, open source
software memberikan kebebasan kepada kita untuk menggunakan, mengubah sesuai
dengan kebutuhan, dan medistribusikan kembali, baik software aslinya maupun
yang telah kita ubah. Biasanya software yang bersifat open source menyertakan
kode sumber dalam pendistribusiannya. Tujuan pembuatan open source software
biasanya bukan untuk tujuan komersil, namun lebih ke tujuan sosial bagaimana
sebuah software bisa bermanfaat bagi para pengguna. Beberapa contoh open source
software misalnya Pidgin, qGo, Inkscape, gimp, dan masih banyak lagi.. Sumber:
http://training-komputer.newgoo.net/tentang-software-komputer-f9/software-dapat-dibedakan-ada-dua-jenis-freeware-shareware-t7.htm
Nama
Software dan Kegunaannya
Nama
Software Kegunaan
Xing
MPEG Player memutar CD, VCD
Linguist
kamus bahasa inggris
Winamp
memutar lagu - lagu MP3
Total
Fonts 2002 koleksi jenis huruf
Microsoft
Word pengetikan
Microsoft
Excel pembuatan tabel - tabel
Microsoft
Front Page pembuatan web site
Microsoft
Power Point pembuatan presentasi
Microsoft
Outlook pengaturan jadwal, email, nbr tlp, dll
Adobe
Acrobat Reader program pembaca dokumen tutorial
LinSys
3D gambar 3 dimensi
Winzip
program kompres file ( memperkecil ukuran )
Macromedia
Dreamweaver pembuatan web site
Macromedia
Flash pembuatan gambar animasi
Macromedia
Free Hand pembuatan gambar
Visual
Studio komputer programming
Microsoft
Web Publishing pengiriman data website ke dunia internet
Corel
Draw pembuatan gambar
ACD
See melihat - lihat gambar
Swish
pembuatan animasi
10.
Sistem
Dan Bentuk Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran
a. Berikut
adalah berbagai sistem Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran
Ø Adanya
siaran televisi pendidikan di Indonesia. Pada tahun 1982, Indonesia telah
memiliki perlengkapan studio yang sudah profesional beserta tenaga ahli yang
terampil dalam memproduksi dan mengembangkan prototype program televisi
pendidikan. Setahun kemudian, barulah muncul serial televisi pendidikan pertama
di Indonesia berjudul Aku Cinta Indonesia. Namun sungguh disayangkan program
edukasi seperti ini tidak terus berkembang. Padahal televisi sudah dapat kita
sebut sebagai kebutuhan primer, karena hampir setiap rumah memiliki televisi.
Dan peserta didik pun suka menonton televisi. Hanya saja yang kita rasakan
sekarang ini jarang sekali terdapat siaran edukasi di televisi lokal Indonesia.
Ø Pengadaan
infrastruktur TIK ke lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini bertujuan
agar peserta didik dapat belajar menggunakan dan memanfaatkan teknologi sebaik
mungkin agar tidak tertinggal dengan perkembangan zaman yang semakin pesat.
Sebagai contoh, dapat kita lihat, tingkat I Sekolah Dasar dewasa ini sudah
belajar mengoperasikan komputer. Padahal, sekitar tahun 2006 pengoperasian
komputer baru dipelajari di tingkat I Sekolah Menengah Pertama. Selain
pengoperasian komputer, mata pelajaran Bahasa Inggris pun sudah dipelajari pada
tingkat I Sekolah Dasar.
b. Bentuk
Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran
Ø Kalkulator
Kalkulator itu alat yang digunakan
untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka.
Ø Komputer
Komputer yaitu alat berupa hardware
dan software yang digunakan untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi
informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan dilain waktu. Informasi yang
dihasilkan komputer dapat berupa Tulisan, gambar, suara, video dan animasi.
Ø Laptop
/Notebook
Laptop/Notebook yaitu peralatan
yang fungsinya sama dengan komputer tetapi bentuknya praktis dapat dilipat dan
dibawa ke mana sajakarena menggunakan bantuan baterai charger sehingga bisa
digunakan tanpa menggunakan listrik.
Ø Deskbook
Deskbook yaitu peralatan sejenis
komputer yang bentuknya praktis yaitu CPU menyatu dengan Monitor sehingga mudah
diletakan diatas meja tanpa memakan banyak tempat tetapi masih harus
menggunakan listrik langsung.Karena belum dilengkapi batterai.
Ø Pengertian Internet
a. Pengertian
Internet
Internet (Interconnection
Networking) adalah suatu jaringan komputer yang saling terhubung antar komputer
yang satu dengan komputer yang lainnya menggunakan standar sistem global
Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol
pertukaran. Sehingga saling dapat berinteraksi, berkomunikasi, dan saling
bertukar informasi. Internet pertama kali muncul pada tahun 1969 yang dibentuk
oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek ARPA atau disebut
ARPANET (Advance Research Project Agency Network).
Pada pengertian lain internet
adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara
yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan
telepon, serat optik, kabel koaksial, satelit atau dengan koneksi wireless.
b. Sejarah
Internet
Tahun 1957 awal dari internet
melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat mengembangkan
jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan
keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin
antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan
sputnik). Jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk
mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir jika negaranya diserang maka
komunikasi menjadi lumpuh. Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar
informasi melalui jaringan komputer.
C.
Macam-macam Layanan Internet dan
Fungsinya
Ø E-Mail
(Electronic Mail)
Electronic Mail (email) yang
berarti surat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Email bekerja
seperti mesin penjawab telepon, walaupun kita tidak sedang online dengan
internet kita masih bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Menurut
sejarahnya layanan ini adalah yang layanan internet pertama di dunia. Wikipedia
menyebutkan babhwa email tercipta sebelum internet diciptakan. Dengan adanya
layanan E-Mail orang – orang dimudahkan dalam mengirim surat. Saat ini email
tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar
foto dan juga suara bahkan animasi. Contoh layanan email adalah Yahoo , Gmail ,
dll.
Ø E-Commerce
E-Commerce adalah layanan internet
yang digunakan untuk kepentingan ekonomi. Toko online merupakan salah satu
contoh dari layanan E-Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu
pergi ke toko untuk berbelanja, karena kita bisa membeli barang secara online.
Contohnya di Lazada.
Ø E-Banking
Dengan adanya E-Banking proses
transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini sudah
banyak Bank yang menyediakan layanan ini, sehingga para pengguna Bank tersebut
tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transfer uang. Bahkan beberapa bank
sudah merambah ke dunia mobile, sehingga kegiatan transfer uang bisa dilakukan
dimana saja dan kapan saja.
Ø E-Learning
Merupakan sistem pembelajaran
elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secra langsung
melainkan dari jarak jauh. Komputer menjadi perantara antara pengajar dan
peserta didik. Dengan adanya e-learning kita dapat membaca materi secara
berulang – ulang. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid
secara langsung.
Ø E-Government
E-Goverment merupakan bentuk
pelayanan pemerintahan terhadapat masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi
informasi. Ada beberapa model penyampaian utama yaitu Goverment to Citizen /
Goverment to Customer (G2C),Goverment to Employ (G2E), Goverment to Business
(G2B), dan Goverment to Goverment (G2G). E-Government diharapkan dapat
mpeningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari
pelayanan publik.
Ø Milist
(Mailing List)
Milist atau Mailing List adalah
layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi.
Setiap anggota milist dapat membaca surat dari anggota lainnya yang berada
dalam lingkaran grup diskusi. Dan setiap anggota juga berhak membalas surat
atau tidak. Apabila ada salah satu anggota yang membalas pesan maka semua
anggota yang berada dalam lingkaran grup diskusi akan mendapat balasan
tersebut. Dalam milist setiap orang dapat berlangganan atau berhenti
berlangganan.
Ø IRC
(Internet Relay Chat)
IRC atau akrab disebut layanan
chatting adalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan
orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi ini kita dapat
berkenalan dengan orang baru dan memperbanyak teman atau relasi. Kita pun bisa
saling melihat wajah lawan bicara kita apabila komputerkita/orang tersebut
dilengkapi WebCam.
Ø VOIP
(Voice OverInternet Protocol)
VOIP memungkinkan kita untuk
berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi
internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdapat VOIP
Rakyat, Anda bisa menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
Ø Social
Media
Adalah sebuah media online, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog, jejaring sosial, wiki forum dan dunia virtual. Blog dan
jejraring sosial adalah bentuk media sosial yang paling banyak digunakan
masyarakat diseluruh dunia seperti Facebook, twitter blogger dan wordpress.
Ø E-learning
1. Pengertian E-learning
merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses
belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai
sistem pembelajarannya. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari
perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. E-learning dalam arti luas
bisa mencakup pembelajaran yang dilakukan di media elektronik (internet) baik
secara formal maupun informal. E-learning secara formal misalnya adalah
pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah
diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait
(pengelola e-learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini
biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya
atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan
perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan konsultan) yang memang bergerak
dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum. E-learning bisa juga dilakukan
secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana
mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang
ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu
pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
2.
Karakteristik
E-learning
Karakteristik
E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
Ø Memanfaatkan
jasa teknologi elektronik.
Ø Memanfaatkan
keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
Ø Menggunakan
bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di
komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa kapan saja dan
dimana saja.
Ø Memanfaatkan
jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang
berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.
3.
Manfaat
E-learning
Manfaat E-learning adalah:
Ø Fleksibel.
E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses
perjalanan.
Ø Belajar
Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang
kendali atas keberhasilan belajar.
Ø Efisiensi
Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara,
efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi
biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.
4.
Kelebihan
E-learning
Kelebihan
E-learning ialah memberikan
fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai
kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro
(2009:187), E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu :
Ø Lebih
mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks,
animasi, suara, video.
Ø Jauh
lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum
audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
Ø Jauh
lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok
bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
Ø Tersedia
24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada
semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.
5.
Kekurangan
E-learning
Kekurangan
E-learning menurut L. Gavrilova (2006:354) adalah pembelajaran dengan model
E-learning membutuhkan peralatan tambahan yang lebih (seperti komputer,
monitor, keyboard, dsb).
Kekurangan
E-learning yang diuraikan oleh Nursalam (2008:140) sebagai berikut :
Ø Kurangnya
interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu sendiri.
Ø Kecenderungan
mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat tumbuhnya
aspek bisnis/komersial.
Ø Proses
belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
Ø Berubahnya
peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional,
kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT
(information, communication, dan technology).
Ø Tidak
semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan dengan
masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
Ø Kurangnya
sumber daya manusia yang menguasai internet.
Ø Kurangnya
penguasaan bahasa komputer.
Ø Akses
pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik.
Ø Peserta
didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan video
karena peralatan yang tidak memadai.
12.
Tata
Cara Membuat Akun Email
Ø Menuju
ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke
sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
Ø Pada
halaman “Email Masuk” periksa dan pilih email yang akan dibuka.
Ø Bagian
yang dilingkari tersebut berarti terdapat file di dalamnya.
Ø Setelah
terbuka, maka hanya pesan teks saja yang tampak. Untuk melihat isi file, kita
perlu mendownloadnya terlebih dahulu.
Ø Buka
opsi Download untuk menentukan dimana file tersebut nantinya
Ø Setelah
file berhasil di download, Open folder tersebut untuk melihat isinya. Selesai!
13.
Membuat
Account Blogspot
Ø Login
ke Blogger.
Ø Di
sebelah kiri, klik Panah bawah Panah Bawah.
Ø Klik
Blog baru.
Ø Masukkan
nama blog.
Ø Pilih
alamat blog, atau URL.
Ø Pilih
template.
Ø Klik
Buat blog.
Komentar
Posting Komentar